. Membuat Program Pembelian Motor Menggunakan Delphi 7 - Berbagi Pengetahuan

Membuat Program Pembelian Motor Menggunakan Delphi 7



  
Assalamu’alaikum…

            Saya ingin berbagi Pengalaman saya lagi nih mengerjakan laporan dari Laboratorium TI di Gunadarma, sebelum-sebelumnya saya juga telah memposting Tutorial LA Praktikum tentang Delphi 7 yang lain dan Visual Basic 6 Enterprise . Dan sekarang saya ingin membahas Caranya Membuat Program Pembelian Motor menggunakan Aplikasi Delphi 7 . oke deh langsung aja ya tutorial membuat Laporan Akhir Praktikum Delph 7 ini, dan saya akan berbagi Tutorial Cara Membuat Program Pembelian Motor pada Aplikasi Delphi 7 ini. oke cek it out.. :

  
LAPORAN AKHIR PRAKTIKUM


MATA PRAKTIKUM                       : ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN

KELAS                                               : 1IA13

PRAKTIKUM KE-                            : 1

TANGGAL                                        : 14 Maret 2012

MATERI                                             : Membuat Program Pembelian Motor

NPM                                                   : 54411827

NAMA                                                : Muhammad  Faris Al Fatih

NAMA KETUA ASISTEN               :

NAMA ASISTEN                              :

PARAF ASISTEN                             :

JUMLAH LEMBAR                          :   LEMBAR


 

LABORATORIUM INFORMATIKA
UNIVERSITAS GUNADARMA
2012

Bab 1.

Listing Program

1.  Button 1

Lihat Gambar:


2. Button  2 & 3

Lihat Gambar:


3. Form  1

Lihat Gambar:


Bab 2.

Logika Program


1.  Analisa Progam

            Pada program yang saya buat, yang berjudul “PT. MAKMUR SEJAHTERA”, membicarakan tentang Motor, nah program itu sendiri yang saya buat yang ketika di running akan menghasilkan output yang memunculkan kata-kata yang sama halnya seperti apa yang kita tulis. Disini saya menggunakan beberapa menu yang ada pada toolbar program Delphi, yaitu : Label, Edit dan Comand Button. Dan di form yang saya buat ini seperti yang saya beri tahu di atas saya beri judul dengan nama “PT. MAKMUR SEJAHTERA”.

2. Penjelasan Program

            Berikut penjelasan program yang saya buat, meskipun sederhana . ok langsung saja saya akan menjelaskan langkah-langkahnya . Pertama saya akan membuat 7 label, nah dimana satu untuk menuliskan judul form dan yang lainnya menulisakan ‘nama-nama’ data yang akan kita isikan yaitu jenis motor, merk motor, warna motor,bahan bakar, tahun keluar dan plat nomor, dengan menggunakan tool (Label). Setelah itu saya akan membuat text dengan tool (edit) untuk mengisikan data yang ingin kita tampilkan pada form.Setelah itu kita buat 6 label kembali untuk output-an yang akan muncul saat di running. Setelah semua label terpenuhi,kita berikan 3 Command Button dengan menggunakan tool.
 .
Untuk Kodingannya silahkan Copas dibawah : 

1.      Pada Command Button pertama kita namakan ‘Print’ dan diberikan sintaks pada Command Button tersebut agar ada perintah pada saat di running, sintaksnya yaitu :


label9.Caption:=edit1.Text;
edit1.Text:=' ';
label10.Caption:=edit2.Text;
edit2.Text:=' ';
label11.Caption:=edit3.Text;
edit3.Text:=' ';
label12.Caption:=edit4.Text;
edit4.Text:=' ';
label13.Caption:=edit5.Text;
edit5.Text:=' ';
label14.Caption:=edit6.Text;
edit6.Text:=' ';

            Maksudnya bila pada variabel Label9.Caption := Edit1.Text dimana caption disini akan melakukan pencetakan dengan keluaran yang sama saat  kita ketik sebuah nama  pada kolom Edit1, Edit1.Text := ‘ ‘ agar apa yang kita ketik di kolom Edit1 dapat terhapus dan tidak tertinggal saat kita tekan button ‘Print’ dan begitu juga pada label 10,11,12,13 dan 14.

2.      Lalu Pada Command Button yang kedua yang saya tulis pada outputnya adalah ‘DEL’, dengan sintaksnya :

label9.Caption:=' ';
label10.Caption:=' ';
label11.Caption:=' ';
label12.Caption:=' ';
label13.Caption:=' ';
label14.Caption:=' ';

            Dimaksudkan bila pada variable label10.caption:=’’; dimana disini akan tercetak dengan keluaran yang kosong (tidak ada isi) pada Label 9,10,11,12,13 dan 14.

3.      Pada Command Button yang ketiga saya pun menuliskan ‘OUT’ yang dimaksudkan program yang saya buat langsung begitu saja keluar . Dengan sintaksnya :

close;

             dimana Command Button tersebut akan mengakhiri program bila kita mengklik command tersebut.

  
Bab 3.

Output

Lihat Gambar:

Lihat Gambar:

Lihat Gambar:


            Mungkin itu saja berbagi pengetahuan kepada kalian semua tentang Membuat Program Pembelian Motor Menggunakan Delphi 7, semoga tutorial membuat Membuat Program Pembelian Motor Menggunakan Delphi 7 ini bermanfaat yah.. good luck mengerjakan Laporan Akhir Praktikum dari Gunadarma-nya.. ^^

Wassalamu'alaikum...



Download Delphi 7 :Disini, Disini atau Disini

Download Document Lengkap VB6 dan Delphi 7 : Disini 


Baca Selengkapnya Disini

Jika Menyukai Artikel di blog ini, Silahkan masukkan email sobat. Akan dapat Update artikel dari blog ini, "GRATISS!!"

5 Responses to "Membuat Program Pembelian Motor Menggunakan Delphi 7"

  1. makasih infonya mas bro!

    ReplyDelete
  2. sama sama kawan.. makasih udah berkunjung.. ^^

    ReplyDelete
  3. sama sama kang, senang berbagi pengetahuan.. ^^

    terima kasih juga atas kunjungan dan komentarnya... ^^

    ReplyDelete
  4. Tutarni : Terima kasih atas tutorial yang diberikan, akan coba saya praktikan semoga berhasil. Sekali lagi terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama bu, ternyata web ibu memberikan tutor2 VB 2013, saya harus lebih berkunjung nih kayanya ^^

      makasih bu buat kunjungannya ^^

      Delete