. Cara Membuat Rumah dan Bintang Sederhana Menggunakan Strawberry Prolog - Berbagi Pengetahuan

Cara Membuat Rumah dan Bintang Sederhana Menggunakan Strawberry Prolog

Assalamu’alaikum…

            Dalam Pembahasan kali ini, saya ingin memberikan sedikit pengetahuan tentang Cara Membuat Rumah dan Bintang menggunakan Strawberry Prolog . Disini saya akan memberikan Listing Program, Dan Logika Programnya + Output-nya, oke deh langsung saja ya disimak.. :

1.       Listing Program

?-
window(_,_,win_func(),"Alf Home",50,50,600,600).
win_func(paint):-
%Segitiga
pen(8,rgb(0,255,0)),
line(300,100,70,300),
line(300,100,550,300),

%Balok
pen(8,rgb(62,17,238)),
rect(70,450,550,300),

%Pintu
pen(8,rgb(255,88,9)),
line(200,350,200,445),
line(200,350,425,350),
line(425,350,425,445),

%Garis Pintu
line(202,445,300,430),
line(202,350,300,370),
line(300,370,300,395),
line(300,395,300,485),
line(420,350,300,395),
line(420,450,300,485),
pen(8,rgb(255,0,128)),
rect(290,410,310,420),

%Jendela
pen(8,rgb(248,33,33)),
rect(180,300,425,200),
pen(8,rgb(255,255,0)),
line(250,300,250,205),
line(300,300,300,205),
line(360,300,360,205),
line(180,235,425,235),
line(180,270,425,270),

%Cerobong Asap
pen(8,rgb(0,0,0)),
line(490,250,490,180),
line(490,180,550,180),
line(550,300,550,180),

%Bintang Kiri
pen(5,rgb(255,0,255)),
line(200,25,230,25),
line(215,15,200,40),
line(215,14,230,40),
line(230,25,200,40),
line(200,25,230,40),

%Bintang Kanan
pen(5,rgb(0,255,255)),
line(400,25,430,25),
line(415,15,400,40),
line(415,14,430,40),
line(430,25,400,40),
line(400,25,430,40).


2.       Logika Program

Pertama-tama pastinya sobat buka dahulu aplikasi Strawbery Prolog.

            Sebelum kita membuat gambar rumah dan bintang. Dalam pembuatannya, saya menggambar dan menentukkan terlebih dahulu koordinat-koordinat garis tersebut pada kertas, agar mempermudah menemukan titik-titik koordinat X1,Y1,X2,Y2  .

            Jika sobat telah selesai membuat gambar dan menentukan titik koordinat pada kertas tersebut, barulah sobat ketik koding seperti pada listing diatas. Tak usah bingung, saya akan menjelaskan mengenai symbol fungsi /kegunaan dari pada listing diatas, sobat hanya meletakkan  X1,Y1,X2,Y2  pada tempat yang benar, sehingga membentuk gambar rumah dan bintang . :

A.        ?-

            Perintah yang digunakan untuk setiap awal dari program untuk menjadi intrepeteur untuk merespon bagian koding selanjutnya. Tanpa symbol ini, PASTI program yang sobat buat akan error ketika di RUN.

B.        window(_,_,win_func(),"Alf Home",50,50,600,600).

            Perintah yang Digunakan untuk membuat sebuah jendela output yang tampil pada Desktop. Saya member ukuran 700x600 dan jarak antara pinggir layar/desktop ke tampilan output pada koordinat 100 ke samping dan 50 ke bawah, dan saya beri nama dengan “Alf Home”.

C.         win_func(paint):-

                 Perintah yang digunakan agar dapat membuat gambar atau garis atau grafik lainnya. Tanpa perintah ini rumah dan bintang atau yang sobat buat dengan garis/gambar/grafik tidak akan tampil.

D.        %Segitiga, %Balok, %Pintu, dll..

            Perintah yang Di gunakan untuk membuat sebuah komentar, atau bisa dijadikan pembatas antar bentuk/fungsi/baris/perintah.

E.         pen(8,rgb(0,255,0)),

            Perintah yang Digunakan untuk menentukan ketebalan dari garis dan memberikan warna. Disini saya membuat ketebalan garisnya yaitu 8. Lalu 0, 255, 0 yang berarti kode warna Hijau Muda. Sobat bisa mencari kode RGB-nya dan mengkreasikan sendiri dengan menggunakan paint.

F.         line(300,100,70,300),

            line(X1,Y1,X2,Y2) . Perintah yang Digunakan untuk membuat garis dimana X1 = 300, Y1 = 100, X2 = 70, dan Y2 = 300. Begitupun untuk line/garis-garis berikutnya. Dilakukan hal yang sama.

G.        rect(180,300,425,200),

            Perintah yang Digunakan untuk membuat kotak/balok tergantung dari posisi X1,Y1,X2,Y2  . agar menjadi lebih cepat dan efisien.

NB : Setelah sobat sudah selesai meng-koding, sobat harus memberi tanda Titik ( . ) pada akhir statement. Agar program yang sobat tidak error.

 
3.       Output


            Mungkin itu saja penjelasan Mengenai Cara Membuat Rumah dan Bintang menggunakan Strawberry Prolog dari apa yang telah saya pelajari di Lab Teknik Informatika Gunadarma Mata Kuliah Pengantar Kecerdasan Buatan, semoga bermanfaat.. terima kasih.. ^^


Wassalamu’alaikum..


Download Strawberry Prolog : Disini atau Disini

Jika Menyukai Artikel di blog ini, Silahkan masukkan email sobat. Akan dapat Update artikel dari blog ini, "GRATISS!!"

4 Responses to "Cara Membuat Rumah dan Bintang Sederhana Menggunakan Strawberry Prolog"

  1. Kak bisa buat rumahnya pake software processing ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya strawberry prolog ini hampir sama kaya software processing.. dan menurut saya strawberry prolog ini pun ringan.

      terima kasih atas kunjungannyaa

      Delete
  2. Kak bisa buat rumahnya pake software processing ga?

    ReplyDelete
  3. kak minta tolong gimana caranya buat pemandngan gunung pake proccesing tapi menggunakan codingan line saja trimakasi

    ReplyDelete