. Membuat Activity Diagram Menggunakan StarUML (Menentukan Jarak Terpendek) - Berbagi Pengetahuan

Membuat Activity Diagram Menggunakan StarUML (Menentukan Jarak Terpendek)

Assalamu’alaikum..

            Pada  pertemuan kali ini saya akan membuat Activity Diagram pada StarUML yang bertemakan “Menentukan Jarak Terpendek Dari Rumah Saya Menuju Kampus E Gunadarma”.

Listing Program
 
            Sekarang kita buat alurnya dengan memasukkan komponen tersebut ke dalam lembar kerja StarUML secara lengkap, hingga seperti gambar pada OUTPUT.

            Maksud dari gambar tersebut adalah pertama saya mulai dari InitialState yang menandakan awal mula program berjalan.

Kemudian barulah kita mulai prosesnya, disini saya ingin menuju Gunadarma Kampus E, pada gambar saya melewati Jln. Raya Citayam, setelah saya melewati Jln. Raya Citayam, saya mempunyai 2 pilihan jalan yang akan berujung ke Jln. Margonda, yaitu pada Decission-nya saya tuliskan “Jarak Terdekat 13 Km”. jika “Y” saya akan melewati jalan terdekat dengan jarak 13 Km dimana akan melewati Pasar CitayamStasiun Citayam dan akan melewati Jln. Margonda.

Namun jika “T” maka tentunya jarak akan > 13 Km jauhnya yaitu melewati “Pos Polisi CitayamJln. Pitara. Namun setelah melewati Jln. Pitara tersebut mempunyai “Decission” lagi yang saya namakan “Alternatif Terdekat Dari Jln. Pitara”.

            Dari Jln. Pitara menuju Jln. Margonda, Jika sobat pilih “Y” maka akan melewati “Pasar Depok 1” yang pastinya akan lebih dekat dibandingkan, jika memilih “T” maka sobat akan melewati Jln. BejiJln. Arif Rahman Hakim – barulah Jln. Margonda.

            Jika semua jalan yang dilewati menuju Kampus E Gunadarma menuju jalan yang sama yaitu “Jln. Margonda”, maka kita gunakan “Synchronization”. Maka ketiga jalan yang bisa kita tempuh menuju tujuan, akan hanya melewati 1 jalan, yaitu Jln. Margonda.

            Setelah itu kita melewati “Kelapa Dua – barulah sampai di Kampus E Gunadarma” . Jika telah sampai ditujuan, maka alur tersebut berhenti dan di akhiri dengan “Final State”.

Logika Program
 
1.         Terlebih dahulu instal aplikasi StarUML terlebih dahulu (jika belum punya) – Buka StarUML.

2.         Setelah muncul tampilan StarUML, diawal kita pilih “empty project”. Lalu klik menu ModelAdd - Package.

3.         Setelah itu masih di menu Model, klik Add Diagram – klik Activity Diagram.
 
4.         lalu jika ingin memunculkan Toolbox, klik menu View – klik Toolbox dan akan buncul Box sebelah kiri. Komponen yang akan saya gunakan di dalam Activity Diagram antara lain : ActionState, InitialState, FinalState, Synchronization, Decision, Text dan Transition.

5.         A.         ActionState digunakan untuk menuliskan statement. 
  
B.         InitialState digunakan sebagai tanda mulainya alur program tersebut. 

C.         FinalState digunakan sebagai tanda akhir dari alur program. 

D.         Synchronization digunakan untuk menyatukan beberapa statement yang menuju ke arah yang sama pada alur selanjutnya. 

E.         Decision digunakan sebagai kondisi percabangan, yang terdiri dari 2 pertanyaan yang biasanya “Y” dan “T”. (ya dan tidak) 

F.         Lalu Transition digunakan sebagai arah / penunjuk dari satu statement ke statement berikutnya.

G.         dan Text digunakan untuk member sebuah kata kata pada Decission atau yang lainnya . (klik AnnotationText) 

Output
 


            Mugkin tu saja yang bisa saya bahas membuat Activity Diagram pada Star UML yang bertemakan “Menentukan Jarak Terpendek Dari Rumah Saya Menuju Kampus E Gunadarma”. Mohon maaf apabila ada salah kata yang kurang  berkenan, semoga bermanfaat.. terima kasih.. ^^

Wassalamu’alaikum…



Download StarUML :  Disini atau Disini

Jika Menyukai Artikel di blog ini, Silahkan masukkan email sobat. Akan dapat Update artikel dari blog ini, "GRATISS!!"

2 Responses to "Membuat Activity Diagram Menggunakan StarUML (Menentukan Jarak Terpendek)"

  1. Terimakasih, artikelnya sangat bermanfaat sekali bagi saya.

    Jangan lupa juga kunjungi blog saya, terdapat pengetahuan tentang beberapa Hardware di
    http://alvianandersen.blogspot.com

    Dan jangan lupa juga kunjungi website kampus saya di
    http://www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete