. Pengertian Dan 12 Macam Browser, beserta Kelebihan Dan Kekurangan - Berbagi Pengetahuan

Pengertian Dan 12 Macam Browser, beserta Kelebihan Dan Kekurangan

Assalamu’alaikum…

            Dalam pembahasan kali ini saya ingin menjelaskan tentang Pengertian Dan 12 Macam Browser, beserta Kelebihan Dan Kekurangan.  Sebelum masuk pada pembahasan apa saja sih 11 Macam Browser Web tersebut ?, alangkah baiknya kita mengenal sedikit apa itu Browser. Oke deh langsung disimak ya.. :

            Browser adalah sebuah software yang fungsinya sebagai wadah atau tempat menampilkan dan melakukan interaksi didunia maya menggunakan jaringan Internet dengan dokumen yang disediakan server web.

            Saat pertama kali diciptakan, tampilan browser kurang menarik karena masih berupa teks. Seorang mahasiswa Amerika Marc Andressen, menciptakan web browser pertama dengan tampilan gambar hingga sekarang kita dapat menjumpai bermacam macam browser dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Adapun macam-macam browser yang bisa kita gunakan untuk menjelajahi internet. Yaitu :

1.      Google Chrome

            Google Chrome merupakan browser buatan Google. Pada interfacenya terlihat bahwa google ingin para penggunanya lebih fokus pada web dan melupakan browser yang digunakan. Ini artinya google chrome memiliki tampilan yang tidak mengusik dan nyaman ketika sedang digunakan.

            Chrome juga memiliki “modus penyamaran”. Pada modus ini memungkinkan para penggunanya dapat mengakses website tanpa meninggalkan jejak.

            Fungsi yang lain masih merupakan keunggulan chrome adalah kemampuan menebalkan nama domain sebuah website yang dianggap berbahaya. Contohnya pada sebuah website penipuan beralamatkan i-bank. Klik BCA. D60pc.com, maka d60pc.com akan ditebalkan sehingga akan diharapkan para pengguna sadar bahwa itu bukan situs resmi klik BCA.

Kelebihan lain :

            1.         Ringan dan gesit, termasuk ketika start pertama kali dan berpindah tab.
            2.         Desainnya simpel dan minimalis
            3.         Updatenya mudah
            4.         Sistem security kuat
            5.         Google menanamkan opsi “Make Aplication Shortcut” . dengan feature ini sebuah aplikasi web seperti Gmail atau Google Teader dapat dijalankan lewat shortcut pada dekstop atau star menu. Sehingga seperti aplikasi lokal.
            6.         Pada setiap tab yang dibuka di chrome memiliki proses yang terpisah, sehingga ketika eror/crash pada salah satu tidak akan menyebabkan seluruh browser eror.

Adapun Kekurangannya :

            1.         Statis, fiturnya kurang banyak
            2.         Instalnya harus online, crome tidak menyediakan file masterya, jadi kalau mau menginstal hanya diberi file lauchernya saja
            3.         Untuk kecepatannya masih bisa dibilang kurang stabil, karena saat mencoba membandingkannya dengan FireFox, terlihat jauh lebih lama dalam proses loading.

2.      Comodo Dragon

            Comodo Dragon merupakan salah satu chrome based browser yang benar – benar berfokus pada security dan privacy saat browsing di internet. Fitur comodo dragon antara lain meningkatkan keamanan privacy, SSL certificate identification, stabilitas yang lebih tinggi, incognito mode stops cookies.

            Dengan fitur keamanan yang super tinggi ini, tentu saja mengurangi kecepatan browsing kita karena sebelum website ditampilkan dihalaman browser, website tersebut terlebih dahulu melalui beberapa pengecekan untuk memastikan keamanannya.

            Comodo akan melakukan validasi SSI, menghetikan cookies dan spy, serta mencegah didownloadnya tracking dari browser oleh web – web yang di kunjungi.

            Kelemahan comodo dragon adalah versi chrome basednya yang masih tertinggal jauh dari versi chrome saat ini.

3.      Netscape



            Netscape merupakan salah satu program browser yang digunakan untuk menjelajah dunia internet. Versi pertama dari netscape dibuat pertama kali dengan nama Mosaic oleh National Center Of Supercomputing Aplication di Urbana Champaign.

            Netscape navigator dapat digunakan untuk mengunjungi world wide web page dan juga dapat membuat serta melihat dokumen HTML yang ada bahkan dapat melihat bentuk asli dari dokumen HTML.

            Netscape navigator merupakan browser web yang terkenal pada era 1990-an dan paling banyak digunakan sebelum kemunculan internet Explorer dari Microsoft, yang dibuat oleh Netscape Corporation. Pada zamannya, Netscape banyak digunakan oleh pengguna karena memang lebih baik dibandingkan dengan beberapa web browser berbasis grafis yang lainnya saat itu. Netscape tersedia dalam flatform windows 16-bit ( Win 16 ), windows 32-bit ( Win 32 ), UNIX, serta Macintosh.

Kelebihan :

            1.         Stabil jika digunakan untuk surfing, browsing, upload, dan download
            2.         Netscape navigator adalah browser web yang merupakan gagasan bagi browser Mozila FireFox.

Kekurangan :

            1.         Tampilan GUI ( Grapical User Interface ) kurang bagus atau kasar.

4.      Flock



            Flock adalah web browser yang dibangun dengan Script mozila firefox. Pada Browse ini menyediakan social networking dan web 2.0. Flock didesain untuk memudahkan aktivitas online pengguna internet mengatur beberapa secial networking, web mail, news feeds dan blogs yang mereka miliki.

            Dengan menggunakan Flock mereka dapat dengan mudah menjelajah, berbagi, dan menikmati content maupun menjalin hubungan di situs pertemanan yang mereka inginkan.

Kelebihan :

            1.         Untuk kelebihan mungkin tidak berbeda jauh dengan flock terdahulu, mungkin karena sudah menggunakan chrome ( google ) sebagai engine basednya maka kecepatan menjelajahnya semikin cepat.
            2.         Lebih simpel dan minimalis

Kekurangan :

            1.         Belum terintegrasi dengan IDM
            2.         Instalisasinya harus online

5.      Sea Monkey



            Sea Monkey atau lengkapnya Mozilla Sea Monkey adalah suatu internet suite, yang merupakan gabungan web browser untuk menjelajah internet, e-mail client untuk menerima dan mengirim e-mial, news client untuk menerima berita dan HTML editor untuk menyunting halaman – halaman website yang menggunakan HTML ( Hyper Text Mark-Up Language ).

            Dulunya Software ini bernama mozilla Aplication Suite, yang merupakan pengembangan dari netscape navigator buatan Netscape Communications Corporation ( yang sudah gulun tikar ).

            Sea Monkey itu sendiri merupakan perangkat lunak yang bersifat free software, open source, dan cross – plasform. Dikembangkan secara bersama oleh suatu komunitas yang dipimpin oleh Sea Monkey Council ( Dewan Sea Monkey ).

Kelebihan :

            1.         Bisa berguna untuk email dan browser sekaligus.
            2.         Penterjemahan website – website yang berbahasa asing ( China, Jepang, Korea, Spanyol, dll ) ke bahasa inggris, yang lebih mudah dimengerti.
            3.         Dapat memfilter email spam ataupun virus.

Kelemahan :

            4.         Ada beberapa jenis web yang tidak mau dan tidak bisa dibuka.

6.      Maxthon
 
            Maxthon awalnya dikenal sebagai MyIE2, adalah sebuah browser web gratis untuk Microsoft Windows. Pada Maxthon 3, mendukung baik Trident dan Webkit mesin render.

            Didasarkan pada MyIE, yang awalnya diciptakan oleh Changyou, seorang programmer Cina yang ingin menyesuaikan browser Web Internet Explorer.

            Maxthon itu sendiri adalah salah satu dari dua belas browser microsoft disajikan pada tahun 2010 di Browser Choice.eu, sebuah website yang memungkinkan pengguna dari Microsoft Windows yang berada di wilayah Ekonomi Eropa untuk memilih browser default web mereka ingin untuk digunakan pada komputer mereka.

Kelebihan :

            1.         Mempunyai screen capture, untuk membuat screenshot pada web.
            2.         Pada sidebar sebelah kiri ada sidebar khusus untuk pengguna facebook. Dengan sidebar tersebut kita dapat melihat status teman kita.
            3.         Ringan tidak banyak makan resource

Kekurangan :

            1.         Interfacenya tidak enak dilihat, terasa jadul.
            2.         Manajemen tabnya agak aneh.

 
Bersambung . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

            Mungkin itu saja dulu pembahasan kali ini, tunggu pembahasan lanjutannya masih mengenai Pengertian Dan 12 Macam Browser, beserta Kelebihan Dan Kekurangan. Apabila ada kata yang salah dan kurang berkenan mohon dimaafkan. Semoga bermanfaat.. terima kasih… ^^


Wassalamu’alaikum…


Klik Disini untuk lanjutan dari artikel diatas .



Baca Selengkapnya Disini

Jika Menyukai Artikel di blog ini, Silahkan masukkan email sobat. Akan dapat Update artikel dari blog ini, "GRATISS!!"

13 Responses to "Pengertian Dan 12 Macam Browser, beserta Kelebihan Dan Kekurangan"

  1. Replies
    1. oke terima kasih sob atas kunjungannya.. ^^

      Delete
  2. Replies
    1. senang membantu kakak,, semoga bermanfaat ^^

      Delete
  3. Anonymous5:57:00 am

    nice post gan

    ReplyDelete
  4. sangat bermanfaat, makasih ilmu nya :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama gan ^^

      terima kasih juga atas kunjungannya ^^

      Delete
  5. tapi tetep gan yang paling populer itu mozila

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaa.. terserah persepsi orang sih gaan... hihihhi ^^

      terima kasih atas kunjungannya ya ^^

      Delete

Silahkan Jika ada pertanyaan, kritik, saran, dan link Error harap hubungi admin dalam kotak komentar atau Contact Us yang tersedia. Sobat bisa :

Menyisipkan kode: Kode Anda atau Kode Anda


Sobat pun bisa meletakkan Emoticon seperti diatas Form ini.

Terima kasih sudah mampir ^^