. Cara Membuat Animasi Air Mancur Menggunakan Aplikasi Blender 3 Dimensi - Berbagi Pengetahuan

Cara Membuat Animasi Air Mancur Menggunakan Aplikasi Blender 3 Dimensi

Assalamu’alaikum..

            Dalam pembahasan kali ini saya ingin mencoba untuk membuat Animasi Air Mancur Menggunakan Aplikasi Blender. oke deh langsung saja ya disimak :

1.         Pastinya sobat harus membuka aplikasi blender-nya.  

2.         Setelah aplikasi terbuka maka akan Nampak gambar kubus (cube). Atur cube tersebut hingga searah garis Sumbu X, seperti gambar :


3.         setelah itu kita buat UV-Sphere nya, caranya tekan shift + a pada keyboard – pilih Mesh – pilih UV-Sphere. Maka akan menampilkan gambar :


            Atur UV sphere-nya searah sumbu X juga, dan jangan lupa kita atur skala-nya menjadi agak kecil. Caranya tekan s pada keyboard dan arahkan memakai mouse, atur saja sesuai keinginan (jika perlu mainkan Scroll pada mouse). setelah diatur maka akan menampilkan hasil :
   

4.         masih di Object Mode, sekarang kita akan membuat ketebalan Cube tersebut agar tidak Bocor nantinya. Caranya seleksi Cube terlebih dahulu – Object ModifiersAdd ModifierSolidify.

Setelah itu Atur Thicknessnya menjadi 0.3, dan jika sudah selesai klik Apply. Seperti gambar :


5.         Setelah itu pindah ke Edit Mode dengan cara tekan Tab pada keyboard, lalu unselect semua Cube yang terseleksi tersebut dengan menekan tombol a pada keyboard.

            Lalu ke face select (ctrl+tab – face) – dan seleksi pada bagian atas Cube. Seperti gambar dibawah :


            Setelah bagian atas Cube terseleksi, tekan x (pada keyboard) – pilih faces. Maka akan terhapus seperti gambar dibawah :


            Lakukan lagi hal serupa hingga membentuk gambar seperti dibawah :


6.         lalu pilih Edge select – seleksi bagian atas samping Cube. Tekan shift+klik kanan (maka akan terseleksi bagian yang dipilih)


            Jika sudah maka selanjutnya tekan f pada keyboard hingga seperti gambar dibawah :


            Lakukan hal yang sama ke bagian yang lainnya, hingga bagian atas samping Cube seperti gambar dibawah :


7.         lalu pindah ke Object Mode lagi (tekan Tab Pada Keyboard), dan buat 1 Cube lagi dengan cara shift+a – Mesh – Cube.

            Kali ini Cube yang kita buat harus lebih besar sehingga menutupi bagian Cube yang pertama di buat dan UV-Sphere-nya tertutup. seperti gambar dibawah :


            Tenang saja untuk melihat isi dalamnya sobat hanya perlu menekan tombol z pada keyboard :


8.         setelah itu kita seleksi (klik kanan mouse) pada Cube yang kecil – lalu pilih PhysicsFluid – pada Type, pilih Obstacle


            Sekarang seleksi pada UV Sphere-nya masih di Fluid, namun Type-nya kita piliih yang Inflow. Lalu pada Inflow Velocity atur sumbu X-nya menjadi 1 (untuk menentukan besar/kecilnya air yang dipancarkan).


            Setelah itu giliran Cube pada yang besar, pada Type-nya pilih Domain. Setelah itu pada Resolution, beri nilai pada Final : 45 dan Preview : 45, lalu Klik Bake(Req. Memory…).

            Tunggu beberapa saat karna sedang proses untuk membuat animasinya.


9.         Setelah proses selesai coba mainkan, dengan menekan tombol Play pada bagian Bawah aplikasi Blender tersebut. seperti gambar dibawah :


10.       untuk mempercantik tampilan air-nya agar terlihat berwana dan transparan seperti nyata, kita mainkan pada Material-nya.

            Caranya, masih di Object Mode – select pada bagian yang memancarkan air-nya – pilih Material – Klik New. Seperti gambar dibawah :



            Maka akan muncul pilihan warna seperti gambar dibawah, Lalu pilih warna sesuka sobat, disini saya ilustrasikan seperti gambar dibawah :


            Setelah itu scroll ke bawah, beri ceklist pada Transparency – ubah Alpha-nya menjadi 0.1 (agar nanti setelah di Render, memberikan efek transparan).


11.       setelah selesai memberikan efek transparan kita kembali lagi pada Physic, klik Bake , lagi agar efek transparannya dapat terlihat. Dan setelah di Play kembali hasilnya akan terlihat seperti :


12.       Lalu kita tekan F12 pada keyboard untuk me-Render. Maka gambar airnya akan kelihatan transparan, seperti gambar dibawah :


            Sekiranya itu saja, Cara Membuat Animasi Air Mancur Menggunakan Aplikasi Blender 3D. untuk tutorial lengkapnya dan aplikasi Blendernya bisa sobat download di bawah, dan apabila ada yang kurang jelas sobat bisa bertanya melalui kotak komentar dibawah atau Contact Me pada Header Blog ini.
  
            Mohon maaf apabila ada kata yang salah dan kurang berkenan, semoga bermanfaat.. terima kasih.. ^^

Wassalamu’alaikum….



Download Artikel Lengkapnya dan .blend, Disini

Download Blender V2.67b for Windows 32-bit, Disini

Download Blender V2.69 for Windows 32-bit, Disini

Download Blender V2.69 for Windows 64-bit, Disini

Jika Menyukai Artikel di blog ini, Silahkan masukkan email sobat. Akan dapat Update artikel dari blog ini, "GRATISS!!"

4 Responses to "Cara Membuat Animasi Air Mancur Menggunakan Aplikasi Blender 3 Dimensi"

  1. Thanks gan! Akhirnya bisa juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. your welcome gan, alhamdulilah deh kalo sudah bisa ^^

      terima kasih juga atas kunjungannya ^^

      Delete
  2. bagaimana cara merubah bola tadi menjadi air gan ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. intinya sih kalau bola tadi menjadi airpada langkah ke-7 dan ke-8 gan, disitu disebutkan langkahnya pada "Cube pada yang besar, pada Type-nya pilih Domain", sebenarnya yang menjadi air itu sendiri adalah cube yang besar ^^

      semoga membantu ya gan ^^ terima kasih atas kunjungannya yaa ^^

      Delete